Tuesday, October 9, 2012

Manfaat dan Kegunaan Jeruk Nipis

Kegunaan dan manfaat jeruk nipis banyak sekali, jeruk nipis bisa untuk menurunkan berat badan, perawatan kulit, kesehatan pencernaan, sembelit, perawatan mata, dan juga kudis, gangguan pernafasan, gangguan kemih, penyakit gusi.

Baca juga
makanan yang dapat membakar lemak dan  kegunaan jahe dalam menyembuhkan penyakit dan bagaimana cara mencegah lemah syahwat.

Jeruk nipis (Lime) mengandung Citrus Aurantifolia, yang sering digunakan (memiliki manfaat) untuk mengobati berbagai macam penyakit. Ada banyak cara untuk mengkomsumsi jeruk nipis, misalnya:

  1. Sorbets
  2. Dicampur teh
  3. Acar
  4. Selai
  5. Jeli
  6. Snack/makanan ringan
  7. Permen
  8. Kuliner
  9. Minuman ringan
  10. Kosmetik
  11. Minyak rambut
  12. Odol
  13. Sabun toilet
  14. Kosmetik kecantikan
  15. Desinfektan
  16. Deodoran
Jeruk nipis dapat banyak ditemukan di iklim tropis dan Mediterania.

Kegunaan dan manfaat jeruk nipis

Jeruk nipis memiliki keguanaan dan manfaat untuk penyakit panas dalam. Anda tahu jika penyakit kudis karena kekurangan vitamin C, batuk, badan panas dingin, bibir kering, luka sariawan, bengkak gusi dan sejenisnya karena penyakit panas dalam, bisa disembuhkan dengan kegunaan dari jeruk nipis.

Manfaat dan kegunaan jeruk nipis lainnya


Jeruk nipis sangat bagus untuk kesehatan kulit, namun harus dikomsumsi secara dimakan, walaupun bisa juga melalui eksternal/ditempelkan. Jeruk nipis dapat meremajakan kulit, melindungi dari infeksi dan juga mengurangi bau badan karena kandungan vitamin C dan juga flavonoid yang terkandung di dalam jeruk nipis itu sendiri. Vitamin C dan flavonoid sendiri adalah antioksidan kelas 1, anti biotik sekaligus desinfektan. Bagi manfaat eksternal, asam jeruk nipis dapat menggosok sel-sel mati, menghilangkan ketombe, memar serta memberikan sensasi segar, bisa anda campurkan jus jeruk nipis ke air mandi anda.

Manfaat dan kegunaan jeruk nipis untuk pencernaan

Jeruk nipis dapat membantu pencernaan utama, karena asam yang dikandungnya bisa memecah molekul makro dari makanan. Flavonoid juga dapat merangsang sistem pencernaan dan sekresi cairan pencernaan supaya meningkat, serta  merangsang empedu & asam & gerak peristaltik. India sendiri sudah mempraktekkan jeruk nipis dalam rupa lemon acar untuk makan siang dan makan malam mereka.

Selain itu, vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis juga bisa meningkatkan kesehatan mata. Sifat anti oksidannya melindungi mata dari penuaan dan degenerasi makula. Serta, Flavonoidnya membantu melindungi mata dari infeksi.


Ini adalah sebagian
kegunaan dan manfaat dari jeruk nipis, semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment